SELAMAT DATANG DI PRISUGA SOBAT SENYUM SEBELUM MEMULAI HARI ITU YANG LEBIH BAIK

Kamis, 26 Maret 2009

KeLiNcI


Teman-teman tahu gak? kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae lho....., yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Angora, miniLop, Dutch, Giant, lyion dan lain-lain. Khusus yang jenis lyion sebenarnya adalah silang luar dari jenis Angora dengan jenis lain, namun dikalangan peternak kelinci hias disebut sebagai lyion atau angora jadi-jadian. Di Indonesia, peternakan kelinci dibagi dua yaitu peternakan daging dan hias.


Data Biologi Kelinci

Kelinci paling tidak bisa hidup antara : 5-10 Tahun, Lama Produksi : 1-3 Tahun, Lama hamil : 28-35 Hari (rata-rata 29-31 hari), Lama Penyapihan anaknya : 6-8 Minggu, Umur Dewasa : 4-10 Bulan, Umur bisa Dikawinkan : 6-12 Bulan(nanti kalau tidak diantara itu bisa melanggar perlindungan hak anak kelinci), Kawin Sesudah Beranak (Calving Interval) : 1 Minggu setelah Anak disapih.

Siklus Kelamin : Poliestrus dalam setahun bisa 5 kali hamil, Siklus Berahi : Sekitar 2 Minggu, Periode Estrus : 11-15 Hari, Ovulasi : Terjadi pada hari kawin (9-13 jam kemudian), Fertilitas : 1-2 Jam sesudah Kawin, Jumlah Anak Lahir : 4-10 ekor (rata-rata 6-8), Volume Darah : 40 ml/kg berat badan, Bobot Dewasa : Sangat bervariasi, tergantung pada ras, jenis kelamin dan faktor pemeliharaan.

Harus Tahu Bahwa Kelinci adalah Halal

Menurut Jumhur Ulama, daging kelinci adalah halal, berdasarkan hadits Anas dia berkata:

“Kami mengejar seekor kelinci. Orang-orang berhasil mengepungnya dan menangkapnya. Kemudian aku mengambilnya dan membawanya kepada Abu Thalhah. Ia lantas menyembelihnya dan mengirimkan pahanya kepada Rasulullah lalu beliau menerimanya.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar